MotoGP Prancis: Marquez Menyamai Rekor Pole Rossi

Start terdepan di MotoGP Prancis, Marc Marquez menyamai rekor pole Valentino Rossi. Foto: Jean-Francois Monier / AFP

KILASRIAU.com - Rider Repsol Honda Marc Marquez sukses merebut pole position MotoGP Prancis. Dengan hasil ini, Marquez menyamai rekor pole Valentino Rossi.

Meski sempat jatuh, Marquez tetap mampu mengemas waktu terbaik 1 menit 40,952 detik dalam kualifikasi di Sirkuit Le Mans, Sabtu (18/5/2019). Juara dunia tujuh kali itu mengungguli rival terdekatnya, Danilo Petrucci, dengan selisih 0,36 detik di urutan kedua.

Itu adalah pole position ke-55 Marquez sejak terjun di MotoGP pada 2013. Torehan itu menyamai rekor pole Rossi, dan hanya kalah dari pemegang pole terbanyak Mick Doohan (58).

"Aku selalu bilang bahwa balapan dimulai pada hari Sabtu," ujar pebalap berusia 26 tahun itu, dilansir Crash.net.
Adapun satu lagi kehebatan pebalap Spanyol ini. Marquez cuma tiga kali gagal start di luar baris kedua yaitu pada MotoGP Italia 2015 (13), lalu MotoGP Malaysia 2017 dan 2018 (7).
 


"Akhir pekan dimulai hari Jumat, tapi pada kualfikasi hari Sabtu sangatlah penting di MotoGP karena kalau Anda start di depan, maka Anda bisa mengatur ban-ban dan risiko dengan cara yang berbeda."

Tak bisa dipungkiri bahwa grid pertama akan membuka lebar potensi juara Marquez di Prancis. Saat ini, Marquez sudah mengoleksi 46 kemenangan dan hanya butuh satu kemenangan lagi untuk menyamai Jorge Lorenzo sebagai pebalap Spanyol dengan jumlah kemenangan terbanyak.






Tulis Komentar