2 Kelompok Tawuran Sepakat Damai, Firdaus Mengucapkan Terima Kasih

KILASRIAU.com - Usai kedua belah pihak menyampaikan aksi damai dan permintaan maaf, Walikota Pekanbaru, Firdaus mengucapkan terimakasih kepada Kapolres, Koramil, Kapolsek, Camat, Lurah, Bhabimkamtibnas, RT/RW serta tokoh masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi langkah dari seluruh pihak yang telah cepat menuntaskan persoalan bentrokan antar warga di Rumbai tersebut dengan melakukan mediasi,” kata Firdaus, Jumat (17/5/2019).

Firdaus mengatakan, meski kedua belah pihak telah sepakat damai, namun dirinya berharap kedua belah pihak tokoh masyarakat dapat menenangkan para pemuda agar peristiwa pertikaian tidak terjadi kembali.

“Pemuda adalah harapan bangsa, jangan rusak masa depan karena masalah geber - geber motor. Di tangan para pemuda kitalah nasib bangsa ini ke depan,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, kedua kelompok pemuda yang melakukan tawuran di Jembatan Siak IV, Kamis (16/5/2019), melakukan kesepakat berdamai. Perdamaian dimediasi oleh Kapolresta Pekanbaru.

Pertemuan dua kelompok bertikai tersebut berlangsung di Ruang Kiambang, Mapolresta Pekanbaru. Hadir unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Camat Rumbai Pesisir, tokoh agama, tokoh masyarakat dan perwakilan dua kelompok pemuda.

Dalam mediasi itu, Kapolresta Pekanbaru, mendamaikan kedua kelompok yang mendatangkan perwakilannya. Usai melakukan penandatanganan surat perjanjian, kedua perwakilan kelompok pun bersalaman dan menyatakan untuk tidak lagi melakukan aksi serupa.

Susanto mengatakan dengan adanya perjanjian damai ini, kedua kelompok bersepakat untuk tidak lagi melakukan tindak kekerasan seperti yang terjadi tadi malam. "Mereka sama-sama bersepakat untuk menjaga situasi Pekanbaru untuk kembali damai," sebutnya.

Di kesepakatan itu juga, sambung Susanto, warga yang mengalami luka-luka untuk bersama diobati. Sedangkan dua orang yang sempat diamankan tadi malam akan dilepaskan kembali dengan adanya jaminan. Selain, ditegaskan juga jika aksi serupa terjadi lagi, maka para pihak yang terlibat akan diproses secara hukum.

"Kita berharap tidak ada lagi aksi seperti tadi malam. Jangan kita nodai bulan baik ini dengan tindak kekerasan," tutup Susanto.

Sementara itu Camat Rumbai Pesisir, Indah Widya Astuti, mengatakan, pertemuan untuk mencegah terjadinya tawuran ulang antara dua belah pihak. "Alhamdulillah, ada kesepakatan antara kelompok pemuda Rumbai Pesisir dan pemuda Bom Lama," kata Indah.






Tulis Komentar