UEFA Membatasi Tiket Final Liga Europa untuk Fans Chelsea dan Arsenal

Fans Arsenal dan Chelsea cuma dapat jatah 6.000 tiket untuk final Liga Europa (Denis Balibouse/Reuters)

KILASRIAU.com - UEFA tetap pada keputusan mereka terkait kuota tiket final Liga Europa untuk pihak Arsenal dan Chelsea.Padahal fans kedua tim sudah melakukan protes keras.

Final Liga Eropa yang mempertemukan dua tim London, Arsenal dan Chelsea bakal berlangsung di Baku Olympic Stadium, Azerbaijan, Rabu (29/5/2019). Arsenal melaju mulus ke partai puncak usai mengandaskan Valencia dengan agregat 7-3 di semifinal.

Sementara Chelsea meraih tiket Azerbaijan setelah bersusah payah mengandaskan perlawanan Eintracht Frankfurt. The Blues harus menuntaskan laga lewat kemenangan 4-3 di babak adu penalti usai agregat sama kuat 2-2.
 

Untuk laga final ini pihak UEFA memberikan kuota 6.000 tiket untuk masing-masing suporter Arsenal dan Chelsea. Keputusan tersebut sontak membuat fans kedua tim melancarkan protes.

Menurut mereka kuota tersebut terlalu sedikit untuk Baku Olympic Stadium yang memiliki kapasitas sebesar 68.700 penonton. Situasi ini diyakini bakal membuat banyak fans Arsenal maupun Chelsea yang tidak bisa mendukung langsung tim kebanggaan mereka.

Meski mendapat banyak kecaman, pihak UEFA tetap kukuh dengan keputusan mereka. Pihak UEFA memberikan alasan bahwa tindakan itu mereka lakukan didasari faktor akomodasi dan jarak tempuh London ke Baku.

"Berdasarkan pengalaman UEFA baru-baru ini di final Liga Europa dan Piala Super Eropa, perbandingan jumlah fans finalis yang meminta tiket untuk final Liga Eropa dapat sangat bervariasi dari satu klub ke klub lainnya," bunyi pernyataan resmi UEFA.

"Tentu saja, tidak mungkin untuk memprediksi sebelumnya klub mana yang akan mencapai final sementara tempat berlangsungnya laga final harus dipilih sekitar dua tahun sebelumnya. 

"Mempertimbangkan hal di atas dengan yang paling penting lokasi geografis dan kapasitas daya tampung bandara di kota tuan rumah dan sekitarnya. Kami berasumsi bahwa sekitar 15.000 penonton akan dapat melakukan perjalanan dari luar negeri, dengan Baku sebagai pusatnya."

"Menawarkan lebih banyak tiket kepada penggemar tim finalis, tanpa jaminan bahwa mereka akan dapat mengatur perjalanan yang tepat ke Baku, tentu bukan pilihan yang bertanggung jawab. Berdasarkan keadaan ini, untuk final Liga Europa tahun ini di Baku, 6.000 tiket telah tersedia untuk masing-masing finalis," ungkap pihak UEFA menjelaskan.

Jarak antara London menuju Baku memang terbilang cukup jauh. Para fans Chelsea maupun Arsenal bakal menempuh perjalanan sejauh 2.900 mil atau setara 4.667 km untuk menyaksikan laga final dengan biaya sekitar seribu pound sterling atau sekitar 18 juta rupiah.






Tulis Komentar