Gunung Merapi 4 Kali Luncurkan Lava Pijar

Gunung Merapi. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

KILASRIAU.com - Gunung Merapi, Yogyakarta tercatat empat kali meluncurkan lava pijar pada Minggu (14/4) hingga Senin (15/4).

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida menyebutkan guguran lava meluncur sejauh 750 meter ke arah Kali Gendol.

"Terlihat berdasarkan CCTV sejak Minggu (14/4) pukul 18.00 WIB hingga Senin (15/4) pukul 06.00 WIB," kata Hanik seperti dikutip Antara.

Untuk sementara, BPPTKG tidak merekomendasikan kegiatan pendakian kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian yang berkaitan dengan mitigasi bencana.Sementara itu, hasil pengamatan visual pada Senin mulai pukul 00.00-00.06 WIB, asap kawah Gunung Merapi teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 15 meter di atas puncak kawah.

Angin di gunung itu bertiup lemah ke arah barat. Suhu udaranya 16-21,1 derajat celsius, dengan kelembapan udara 52-85 persen, dan tekanan udara 568.5-708.3 mmHg.

BPPTKG hingga kini masih mempertahankan status Gunung Merapi pada Level II atau Waspada.


BPPTKG mengimbau warga tidak melakukan aktivitas dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi, dan menyarankan warga yang tinggal di kawasan alur Kali Gendol waspada karena jarak guguran awan panas semakin jauh
.






Tulis Komentar