TNI Kembali Juara Lagi Lomba Menembak di Australia

KILASRIAU.com - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat kembali meraih juara umum lomba tembak dalam ajang Australian Army of Skill Arms at Meeting (AASAM) 2019. TNI AD, dengan demikian, telah meraih gelar juara 12 kali berturut-turut.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Candra Wijaya dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa, mengatakan, prestasi kontingen TNI AD di Puckapunyal Military Range, Victoria, Australia itu menjadi prestasi untuk rakyat dan bangsa Indonesia.

"Yang dicapai kontingen TNI AD di Puckapunyal Military Range, Victoria, Australia ini, bukan hanya prestasi untuk TNI AD atau TNI semata, namun juga prestasi untuk rakyat dan bangsa Indonesia," ucap Candra.

Kadispenad mengatakan, perhelatan AASAM tahun ini dilaksanakan mulai tanggal 26 Maret-2 April 2019. Pencapaian TNI AD tersebut juga telah sesuai dengan harapan KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, ketika melepas kontingen pada 14 Maret 2019.

"Kali ini kita kembali menjadi juara umum dengan menorehkan 21 emas, 14 perak, dan 10 perunggu. Kontingen TNI AD menyisihkan 20 negara peserta lainnya," tutur Candra.

Candra mengatakan kontingen TNI AD, yang menggunakan senjata buatan Pindad, berhasil mengunggguli peserta dari beberapa negara maju dan memiliki teknologi alat utama sistem senjata (alutsista) modern, yaitu Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Korea, Kanada, Jepang, dàn Australia.

"Demikian juga Thailand, Vietnam, dan Malaysia yang secara tradisi memiliki para penembak bagus seperti yang ditunjukkan saat AARM 2018 tahun lalu," katanya.

Ia menambahkan, tahun ini perolehan medali kontingen TNI AD mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun 2018 yang merebut 38 medali emas, 18 perak dan 13 perunggu. Namun, bukan berarti prestasi kontingen Indonesia menurun.

"Capaian kali ini bukanlah penurunan (prestasi), tapi menunjukkan bahwa ajang ini sangat kompetitif. Kontingen TNI AD telah menunjukkan performance terbaiknya," paparnya.

Adapun peraih 10 besar klasemen lomba AASAM 2019 setelah Indonesia yaitu Australia, Malaysia, Selandia Baru, Korea, Amerika Serikat, Prancis, Kanada, Jepang dan Vietnam. Sementara negara peserta yang tidak hadir yaitu Irak, Filipina dan Singapura






Tulis Komentar