KPU: Sengketa Pemilu Banyak Terjadi Antar Caleg Satu Dengan Partai

KILASRIAU.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau memprediksi sengketa pemilu masih akan mewarnai Pemilu 2019 ini. Bukan hanya antar partai, sengketa pemilu juga banyak melibatkan kontestan di internal partai.

Hal ini diungkapkan Komisioner KPU Riau divisi Hukum, Firdaus. Berdasarkan pengalaman menjadi komisioner KPU di Kabupaten Kuansing, sengketa Pemilu tak bisa dihindarkan. 

"Potensi sengketa pemilu itu terbanyak bukan hanya antar peserta pemilu yakni partai saja, akan tetapi didalam partai yang banyak sengketanya. Misalnya antar Caleg (Calon Anggota Legislatif) nomor urut 1 dan 2, potensi ini lebih besar," papar Firdaus, Rabu (3/4/2019).

Ia menjelaskan, hal ini sering terjadi lantaran ruang lingkup pendukung yang sama dalam satu partai tertentu, sehingga sering terjadi saling klaim antar calon.

"Ini memang agak aneh tapi nyata. Untuk itu agar laporan sengketa bisa diselesaikan dengan baik, masing-masing KPU daerah maupun provinsi telah mengikuti Bimtek dari KPU RI untuk menyamakan persepsi," tukasnya






Tulis Komentar