Dua Galian Disiapkan Ibu Pengubur Bayi Hidup-hidup di Purwakarta

Warga memperlihatkan lubang tempat bayi dikubur.

KILASRIAU.com - Warga dibikin geger oleh ulah W (35) lantaran nekat mengubur bayinya hidup-hidup di area luar rumah. Perempuan tersebut dikabarkan depresi. Kini bayi mungil berusia lima bulan itu kritis.

Ada dua galian yang ditemukan warga dan polisi di area rumah tersebut, Kampung Pasir Muncang, Desa Pusaka Mulya, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Galian tersebut diduga sengaja disiapkan W.

"Ketemu ada galian. Katanya dari kemarinnya (sehari sebelum kubur bayi) juga udah ada galian," ujar Ai, tetangga W, di tempat kejadian, Jumat (29/3/2019).
Dugaan itu diperkuat keterangan bibi bayi, Atikah (32). Atikah yang pertama menemukan korban terkiubur. Dia mengaku sehari sebelum kejadian penguburan atau Selasa (26/3), melihat W menggali tanah di area halaman belakang rumah. W saat itu menyebut akan bercocok tanam.


W diduga telah membuat dua galian yang berada di samping rumah panggungnya dan halaman belakang. Lubang sedalam 30 sentimeter di halaman belakang rumah yang dipilih W untuk mengubur bayinya hidup-hidup, pada Rabu (27/3).

Kapolsek Kiarapedes IPTU Toto Herman Permana mengiyakan soal adanya dua galian di rumah W. "Saksi (Atikah) memeriksa ke belakang rumah dan menemukan dua lubang," kata Toto.Terungkapnya bayi dikubur itu setelah W mengaku sang anak diculik seseorang. Menurut Ai, W menyebut penculik bayi telah membawa emas dan uang. Kabar penculikan itu menggemparkan warga.

Ayah si bayi dan keluarga lainnya serta dibantu warga bergegas mencari. "Ada yang cari ke bak, tapi enggak ada. Nah yang suka ngurusin bayi itu, adik iparnya, langsung nyari ke sini ke belakang rumah. Barulah ketemu, ada tangan bayi kelihatan. Bayi itu terkubur," tutur Ai.


"Selanjutnya lubang yang pertama digali, tapi tidak membuahkan hasil. Lalu menggali lubang kedua dan menemukan ada kain putih dan tangan bayi, kemudian oleh saksi dan dibantu warga membawa bayi tersebut ke Puskesmas Wanayasa," Toto menambahkan.






Tulis Komentar