Aliran Modal Asing Masuk RI Mencapai Rp 90 Terliun

Foto: Ari Saputra

KILASRIAU.com - Bank Indonesia (BI) menyebut aliran modal asing terus masuk ke Indonesia. Menurut Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo penyebabnya sentimen investor asing ke Indonesia masih cukup baik karena ekonomi domestik dalam kondisi prima. 

"Aliran modal masuk ke domestik itu terus terjadi secara year to date minggu lalu sudah Rp 90 triliun," kata Dody di Gedung BI, Jakarta, Jumat (29/3/2019).

Dia menyampaikan bank sentral juga tetap mengawasi outlook ekonomi di Eropa, seperti tantangan dari British Exit hingga tekanan global yang terjadi di Eropa. Kemudian BI juga mengawasi Turki sampai Argentina," ujar dia.

Dody menjelaskan dengan masuknya aliran modal asing itu membuat perkembangan nilai tukar lebih stabil. Karena arah kebijakan pemerintah BI menjaga defisit current account. 

Dody menambahkan sepanjang kondisi fundamental makro Indonesia baik, hal tersebut akan menjadi kunci agar investor asing mau memarkirkan dananya di Indonesia.
Sementara itu, upaya untuk mendorong ekspor dan membatasi ekspor juga terus dilakukan oleh BI dan pemerintah. Misalnya mendorong devisa pariwisata, ekspor otomotif, ekspor alas kaki hingga tekstil. 

Selanjutnya ada upaya pemerintah untuk merelaksasi ekspor. "Indonesia juga sudah mulai membangun ease of doing business (EODB) yang semakin baik, ini menjadikan iklim investasi semakin nyaman," kata Dody.


"Posisi Indonesia sekarang cukup baik di mata investor, sehingga aliran modal asing yang masuk juga lancar," imbuh dia. 






Tulis Komentar