Hotspot Berkurang Drastis di Riau

Ilustrasi

KILASRIAU.com - Titik panas (hotspot) di Riau terus berkurang. Berbeda dengan hari-hari sebelumnya, hari ini Sabtu (23/3/2019) satelit modis Terra dan Aqua hanya mendeteksi 11 titik panas di Riau.

"Alhamdulillah titik panas terus mengalami pengurangan. Hari ini hanya 11 titik," ujar Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Marzuki, Sabtu (23/3/2019).

Ia mengatakan, 11 titik panas ini tersebar di 4 wilayah, yakni di Siak 2 titik, Pelalawan 3 titik, Indragiri Hilir 2 titik dan 4 titik di Kepulauan Meranti.

"Dari jumlah tersebut, 8 titik diantaranya dipastikan titik api akibat kebakaran hutan dan lahan. Karena level konfidencenya di atas 70 persen. Titik api itu berada di Pelalawan 2 titik, Indragiri Hilir 2 titik, Kepulauan Meranti 4 titik," cakapnya.

Meski jumlah titik panas terus mengalami penurunan, namun pihaknya terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakarab lahan dan hutan.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 34.0 derajat celcius dengan kelembapan udara 50 – 97 persen. Sementara arah angin berhembus ke Barat Laut – Timur Laut dengan kecepatan 10 - 36 kilometer per jam.






Tulis Komentar