17 Hotspot Tersebar di 6 Wilayah di Riau

Ilustrasi

KILASRIAU.com - Titik panas (hotspot) di Provinsi Riau berkurang drastis, Jumat (22/3/2019). Satelit modis Terra dan Aqua hanya memantau 17 titik panas di seluruh Riau.

"Alhamdulillah hari ini hanya terpantau 17 hotspot saja. Berbeda dengan hari sebelumnya yang mencapai 79 hotspot. Bahkan 2 hari lalu mencapai seratusan titik panas," ujar Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Marzuki, Jumat (22/3/2019).

Ia menjelaskan, 17 titik panas itu tersebar di 6 wilayah, yakni di Rokan Hilir 3 titik, Kabupaten Siak 3 titik, Pelalawan 1 titik, Indragiri Hulu 5 titik, Indragiri Hilir 3 titik dan Kepulauan Meranti 2 titik.

"Dari 17 hotspot tersebut, 9 titik dipastikan titik api yang disebabkan oleh kebakaran hutan dan lahan. Karena bisa dilihat dari level konfidence yang berada di atas angka 70 persen," cakapnya.

Sembilan titik api itu berada di Rokan Hilir 2 titik, Siak 2 titik, Indragiri Hulu 4 titik dan Kepulauan Meranti 1 titik.

"Meski titik panas hari ini berkurang, kita terus imbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang dapat memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," katanya.






Tulis Komentar