Gunung Bromo Sedang Erupsi, Para Wisatawan Asing Masih Antusias Datang

Gunung Bromo erupsi (Foto: M Rofiq/detikTravel)

KILASRIAU.com - Kawasan Gunung Bromo kini tengah erupsi dan mengeluarkan asap coklat disertai abu vulkanik tipis. Meski begitu, wisman masih antusias berkunjung.

Hal itu terlihat dari adanya sejumlah wisatawan lokal hingga mancanegara, yang tetap berkunjung ke gunung tercantik di Jawa Timur itu.

Seperti yang dilakukan, Maria (36) wisatawan mancanegara asal Jerman. Baginya sangat mengesankan, bisa berlibur ke Gunung Bromo dimana saat ini tengah erupsi mengeluarkan asap dan abu.

"Ini sangat luar biasa, saya bisa melihat Bromo saat erupsi. Tentunya ini pengalaman sangat mengagumkan, ketika datang ke Bromo)," ungkapnya Minggu (17/3/2019) kepada detikcom.

Senada dikatakan Lisa (28), wisatawan asing lainnya. Ia mengaku senang bisa berlibur di Bromo, karena selain pemandangan alamnya yang indah. Adanya ojek kuda dan Pura di Kaldera Bromo, menambah eksotisnya tempat wisata di Probolinggo itu.

Sebagai informasi, dari data PVMB periode pengamatan Sabtu (16/3) pukul 24.00 WIB, Gunung Bromo dengan ketinggian 2.329 Mdpl, secara visual cuaca cerah, mendung dan hujan. Angin bertiup lemah ke arah utara, timur laut, timur, barat dan barat laut. Gunung api terlihat jelas.

Teramati asap kawah bertekanan lemah, sedang hingga kuat teramati berwarna putih, kelabu, dan coklat dengan intensitas tipis, sedang, hingga tebal dan tinggi 50-1500 m di atas puncak kawah. Hujan abu di sekitar PPGA bromo, dan secara kegempaan Tremor Menerus (Microtremor) terekam dengan amplitudo 0.5-8 mm (dominan 2 mm). 






Tulis Komentar