Api Sempat Padam, Karhutla Terjadi di Ketam Putih Bengkalis

Ilustrasi

KILASRIAU.com - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Bengkalis kembali terjadi di Pulau Bengkalis, Kamis (14/3/2019). Kebakaran terjadi di atas lahan yang berada di wilayah Desa Ketam Putih, Kecamatan Bengkalis dan sekitarnya.

Api melahap semak belukar seperti di tanami pohon sagu yang tumbuh di atas tanah gambut. Padahal lokasi kebakaran ini sehari sebelumnya sudah berhasil padam.

Petugas gabungan diantaranya dari Polsek Bengkalis, Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) di lapangan dengan peralatan seadanya, terus berjibaku untuk mengendalikan api agar kebakaran tidak terus meluas.

Selain upaya pemadaman oleh petugas di darat, pagi menjelang siang upaya pemadaman juga dilakukan dengan cara penyiraman air dari udara atau water boombing menggunakan helikopter. 

Kebakaran lahan yang terbakar di  kawasan tersebut diperkirakan sudah mencapai puluhan hektar.

Kepala Dinas Damkar Bengkalis, Djamaluddin, melalui Kepala Bidang Pengendalian Operasional, Sarana Prasarana dan Penyelamatan Pemadam Kebakaran, Donni Sartika, S. Psi, M. Si membenarkan terjadinya kebakaran yang terjadi hari ini di Desa Ketam Putih dan sekitarnya. 

"Ya terjadi kebakaran di sana (Ketam Putih dan sekitarnya, red) lahan yang terbakar di sana sudah cukup luas. Petugas Damkar sudah kami kerahkan untuk pemadaman bersama petugas dari kepolisian serta TNI," ungkapnya.

Sementara itu, Kapolsek Bengkalis AKP Maitertika ketika dihubungi mengatakan, juga sedang melakukan pemadaman di lokasi kebakaran bersama sejumlah jajarannya. 

"Sekarang sedang lakukan pemadaman di lapangan," katanya singkat melalui sambungan seluler.






Tulis Komentar