Seperti Ada 'Cacing' di Mata Saat Kepala Terasa Pusing?

Ketika ada masalah pada mata, bisa jadi ada kondisi kesehatan lain yang melatarbelakanginya. Foto: thinkstock

KILASRIAU.com - Mata bukan hanya sebagai alat penglihatan bagi kehidupan sehari-hari. Namun mata juga bisa menilai kondisi tubuh yang menandakan kondisi yang serius seperti diabetes atau kolesterol tinggi.

Bisa saja tanda-tanda yang terjadi selama ini bisa kamu rasakan, tapi tidak tahu karena tidak pernah menyadarinya. Inilah yang dapat diungkapkan oleh mata tentang kesehatan kita menurut Natasha Herz, M.D. juru bicara klinis untuk American Academy of Ophthalmology, dikutip dari Woman's Day.

1. Kekurangan vitamin A

Jika mata kamu tiba-tiba terasa kering, mungkin saja kamu mengalami penurunan produksi air mata. Mata yang sangat kering terjadi ketika tubuh tidak dapat menghasilkan cukup air mata.

Menurut Medical News Today, mata kering telah dikaitkan dengan kekurangan vitamin A. Suplemen sederhana harus dilakukan, meskipun kamu ngin memeriksakan mata sekalipun. Cobalah mulai untuk memproduksi banyak makanan yang mengandung vitamin A.

2. Saluran air mata yang tersumbat

Pernahkah menangis lebih dari biasanya? Jika itu bukan akibat dari perpecahan traumatis, ada kemungkinan kamu memiliki saluran air mata yang tersumbat. Saluran air mata yang menghalangi mencegah air mata mengalir dengan benar, menghasilkan mata berair dan iritasi. 

Menurut Mayo Clinic, itu umum terjadi pada bayi baru lahir, meskipun orang dewasa dapat mengembangkannya juga. Cidera otak, tumor, dan infeksi dapat menyebabkan saluran air mata tersumbat, jadi penting untuk memeriksakannya ke dokter mata sebelum terlambat.

3. Kolesterol terlalu tinggi

Jika kamu melihat cacing putih bening terbentuk di sekitar arcus kornea, sudah terjadi masalah medis untuk iris kamu, mungkin sudah saatnya untuk mengunjungi dokter mata dan juga dokter umum untuk pemeriksaan. Sementara perubahan warna khusus ini paling sering merupakan tanda penuaan.

Dr Herz mengatakan itu juga bisa menjadi indikasi kolesterol tinggi dan trigliserida yang mungkin berarti peningkatan risiko serangan jantung atau stroke.

4. Tekanan darah terlalu tinggi

Selain meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, tekanan darah tinggi yang tidak diobati juga dapat merusak pembuluh darah di retina kamu lho, yang dikenal sebagai retinopati hipertensi. Kamu tidak dapat melihat efeknya di cermin, tetapi dokter akan dapat menemukan kerusakan selama pemeriksaan mata. 

5. Memiliki alergi

Jika mata kamu sangat kering dan kulit di sekitarnya tampak sedikit gelap, mungkin secara tidak sadar terlalu sering mengucek mata.

"Menggosok mata dengan keras atau sering dapat menyebabkan kelopak mata menjadi lebih longgar, lebih rileks, dan bahkan kendur," ujar Dr. Herz memperingatkan.

Jika kelopak mata melorot dari mata, tidak hanya menyebabkan kerutan, tetapi juga memungkinkan peningkatan paparan udara dan dapat membuat mata menjadi terlalu kering, salah satu penyebab paling umum dari mata gatal alergi musiman.

6. Kamu terlalu stres

Stres dapat bermanifestasi dalam banyak hal, salah satunya adalah kedutan pada mata. Ini lebih menjengkelkan daripada kekhawatiran, tetapi itu bisa menjadi pertanda kamu membutuhkan istirahat dan perlu mengelola tingkat stres.

7. Menderita diabetes

Penglihatan kabur biasanya kamu membutuhkan kacamata , tetapi mata harus diperiksa apa pun yang terjadi. Penglihatan kabur tidak hanya bisa menandakan masalah medis dengan mata itu sendiri, seperti katarak atau degenerasi makula, tetapi juga bisa menjadi tanda penyakit yang lebih serius seperti diabetes. 

Bahkan, sebuah penelitian Agustus 2014 menemukan bahwa 73 persen pasien diabetes sampel melaporkan penglihatan kabur. Bahkan tanpa kesulitan melihat, dokter mata mungkin dapat mendeteksi diabetes selama pemeriksaan mata berdasarkan penyimpangan di retina.

8. Memiliki penyakit kuning

Penyakit kuning, suatu kondisi yang terjadi ketika ada terlalu banyak bilirubin, senyawa kuning yang terbentuk dari pemecahan sel darah merah dalam darah. Jika hati kamu tidak dapat menyaring sel, bilirubin menumpuk dan dapat menyebabkan mata dan kulit menguning. 

Ini sangat jarang terjadi pada orang dewasa, kadang-kadang bayi dilahirkan dengan penyakit kuning, tetapi sebagian disebabkan oleh infeksi seperti hepatitis, penyakit hati terkait alkohol, atau sesuatu yang menghalangi saluran empedu kamu seperti batu empedu atau kanker.






Tulis Komentar