APDESI Riau Menyambut Baik Komitmen Gubri Bantu Desa Rp 200 Juta

APDESI Riau Sambut Baik Komitmen Gubri Bantu Desa Rp 200 Juta

KILASRIAU.com - Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Provinsi Riau menggelar rapat koordinasi bersama APDESI Kabupaten se-Riau, Kamis (7/3/2019) malam. Adapun tema yang dibahas adalah merespon pernyataan gubernur Riau Syamsuar tentang dukungan anggaran dana desa sebesar Rp 200 juta di APBD Perubahan Provinsi Riau 2019.

Sekretaris Eksekutif APDESI Riau, Faisal Aswan, mengatakan, pihaknya mendapat kabar baik akan pernyataan gubernur Riau Syamsuar bahwa di APBD Perubahan 2019 ini akan ada bantuan dukungan anggaran dari Pemprov Riau ke desa.

"Hasil rapat, kami menyambut baik komitmen yang telah disampaikan oleh gubernur Riau yang akan memberikan alokasi anggaran Rp200 juta tersebut kepada desa, kita terimakasih banyak untuk itu, meskipun masih jauh dari harapan kita," kata Faisal.

Faisal menjelaskan, sesuai dengan semangat Undang Undang Desa, harapannya untuk pembangunan desa besarannya adalah 10 persen dari APBD Riau. Dibagi dengan seluruh desa dalam bentuk transfer Bantuan Keuangan (Bankeu) kepada pemerintah desa atau setidak-tidaknya sebesar Rp 500 juta per desa.

"Ini masih jauh dari harapan, akan tetapi kami sambut baik, karena sudah ada komitmen awal. Nah, berangkat dari hal ini, kedepan kami akan laksanakan rapat kerja dan seminar pembangunan desa untuk mengajak seluruh pihak berpikir secara bersama-sama untuk meningkatkan lagi semangat dan komitmen pembangunan desa di Riau. Kita ingin bantu Pemprov melakukan usaha-usaha dalam rangka membangun desa, karena kita meyakini semakin banyak dukungan anggaran dan program yang masuk ke desa, maka niscaya akan semakin merubah wajah pembangunan desa menjadi lebih baik lagi," ujarnya.

Menurutnya itu penting untuk mengejar berbagai ketertinggalan pembangunan yang dibutuhkan oleh masyarakat desa. "Apalagi sama sama kita maklumi bahwa kantong-kantong kemiskinan berada didesa, oleh karena itu perlu usaha yang massif dan tersistematis untuk mengatasi itu semua," tegas Faisal.

Ia menambahkan, APDESI Riau berharap dengan kehadiran pemimpin baru di Riau akan membawa angin segar dalam majunya pembangunan di desa sesuai dengan jargon Apdesi yakni desa maju Riau sejahtera.

"Untuk itu, apa yang telah direncanakan oleh pemerintah provinsi Riau kami sambut baik. Kami mengimbau ini perlu mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, terutama jajaran dari SKPD pemerintah provinsi Riau supaya bisa mendukung niat gubernur baru kita ini untuk membangun desa. Rekan rekan di legislatif Riau juga bisa mendukung usaha usaha dalam rangka pembangunan pedesaan di provinsi Riau," cakapnya lagi.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gubernur Riau Syamsuar di hadapan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tjahjo Kumolo dan ribuan kepala desa dan lurah se-Provinsi Riau menyatakan akan menambah bantuan dana desa sebesar Rp200 juta melalui APBD Perubahan Provinsi Riau tahun 2019.

Penambahan dana desa itu, sebut Syamsuar, sesuai janji kampanye saat mencalonkan diri sebagai Gubernur Riau bersama Edy Natar Nasution.

"Bantuan tambahan dana desa Rp200 juta ini merupakan janji saya dengan Edy Natar Nasution saat kampanye. Tentu ini satu per satu akan kami penuhi," kata Syamsuar.






Tulis Komentar