Wao.!! Titik Api Terus Bermunculan di Riau

Ilustrasi

KILASRIAU.com - Titik panas (hotspot) di Riau semakin marak. Ahad (3/3/2019) pagi, satelit modis Terra dan Aqua mendeteksi 43 hotspot yang tersebar di 4 wilayah di Riau.

"Hari ini 43 hotspot terpantau di Riau. Jumlah ini lebih banyak jika dibandingkang dengan hari sebelumnya. Untuk hotspot terbanyak itu ada di Kepulauan Meranti," ujar Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Sukisno, Ahad (3/3/2019).

Ia mengatakan, 43 hotspot tersebut tersebar di Bengkalis 2 titik, Kepulauan Meranti 27 titik, Pelalawan 13 titik dan Indragiri Hilir 1 titik.

"Dari jumlah tersebut, 31 titik merupakan titik api karena memiliki level konfidence di atas 70 persen yang berarti di wilayah tersebut diduga kuat ada aktivitas kebakaran hutan dan lahan," ujarnya.

Ia menjelaskan, 31 titik api itu berada di Bengkalis 1 titik, Kepulauan Meranti 22 titik dan Pelalawan 8 titik," ucapnya.

"Kita terus mengingatkan masyarakat agar tidak melakukan aktivitas yang dapat memicu terjadi Karhutla," imbuhnya.

Untuk wilayah Sumatra, Riau masih jadi penyumbang hotspot terbanyak. Dari 51 hotspot, 43 diantaranya ada di Riau. Sementara sisanya yakni 8 titik ada di Kepulauan Riau.






Tulis Komentar