Dua Pengungsi Asal Afghanistan di Pekanbaru Dipindahkan Sementara ke Rudenim Jakarta

KILASRIAU.com - Dua pengungsi asal Afghanistan di Pekanbaru, Bakh Begum (66) dan Zulaikha Hassani (26) dipindahkan ke Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Jakarta, Senin (25/2/2019). Ibu dan anak ini sementara berada di Jakarta untuk resettlement.

"Mereka merupakan ibu dan anak. Akan ditempatkan sementara di Hotel Mustika Jakarta, di bawah pengawasan Rudenim Jakarta," ujar Kepala Rudenim Pekanbaru Junior Sigalingging.
 
Junior mengatakan, selama di Jakarta, kedua WNA itu akan menjalani interview untuk persiapan resettlement atau status penempatan negara ketiga atau negara tujuan yang dikeluarkan oleh UNHCR. 

Selain itu, kedua perempuan itu akan dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh perwakilan Kedutaan Besar Negara Kanada. "Proses ini akan berlangsung sampai pekan depan," kata Junior.

Kedua imigran itu diberangkatkan ke Jakarta melalui Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru dengan maskapai Garuda Indonesia GA172. 

"Berangkat pukul 08.30 WIB tadi, dikawal oleh 2 anggota Rudenim. Mereka akan kembali ke Pekanbaru pada 1 Maret 2019," kata Junior.

Saat ini ada 1.126 pengungsi yang ditampung di Rudenim Pekanbaru, 13 orang pencari suaka, 2 orang pelaku pelanggaran UU Keimigrasian dan 5 orang pengungsi mandiri. "Jumlah tetap karena mereka hanya sementara," ungkap Junior.






Tulis Komentar