Kebakaran Hutan dan Lahan Kembali Terjadi di Riau

Karhula terjadi di Riau tahun 2019.

KILASRIAU.com - Beberapa pekan terakhir kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi di Riau. Satgas Karhutla Riau pun sudah bergerak melakukan berbagai upaya pengawasan dan pemadaman di tempat-tempat yang mengalami kebakaran.

Danrem 031/Wirabima, Brigjen Mohammad Fadjar yang juga menjabat sebagai Dansatgas Karhutla Riau mengatakan bahwa pihaknya sudah mulai bergerak. Ia mengataka bahwa saat ini titik-titik api mulai muncul, khususnya di wilayah utara Riau.

"Tim kita sudah antisipasi ini sejak awal tahun. Semua unsur sudah fokus ke Karhutla," sebut Fadjar, Selasa (19/2/2019).

Fadjar juga mengatakan hingga saat ini koordinasi masih dilakukan dengan instansi terkait. Termasuk juga pembahasan mengenai status tanggap darurat jika memang diperlukan. "Yang jelas kita siap mengantisipasi agar Karhutla tidak mengganggu agenda besar tahun ini, yakni Pemilu," cakapnya.

Selain itu, jika diketahui ada pelaku yang tertangkap tangan melakukan pembakaran hutan, Fadjar mengatakan timnya dapat bertindak tegas. "Jika membandel, ya bukan tidak mungkin tembak dintempat. Tapi kita tentu ada perhitungan," ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo juga mengungkapkan hal yang senada. Perlu ada kerjasama lintas sektoral agar Karhutla di Riau bisa ditangani. "Terutama di BPBD yang memiliki instrumen lengkap yang dapat memotori antisipasi Karhutla," sebutnya.

Widodo juga menegaskan bahwa dalam kasus Karhutla, jika ditemukan ada unsur kesengajaan maka akan ada sanksi tegas yang diberikan.
"Mudah-mudahan Karhutla ini tidak mengganggu jalannya Pemilu," ujar Widodo.






Tulis Komentar