Ramai Foto UAS Salam 1 Jari, Begini Klarifikasinya

Foto pose satu jari UAS yang viral

KILASRIAU.com - Media sosial Twitter dan Instagram diramaikan dengan foto Ustaz Abdul Somad (UAS) pose satu jari. Tampak di foto tersebut UAS ditemani oleh Wagub Sumut Musa Rajekshah dan Ustaz Umar Hasibuan. 

Berdasarkan foto yang beredar, Minggu (2/10/2019), tampak ketiganya pose satu jari yakni jari telunjuk. Banyak netizen yang mengaitkan foto tersebut dengan Pilpres 2019. UAS dianggap telah memutuskan mendukung pasangan nomor 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

Kala itu UAS dan Musa Rajekshah yang kala itu masih sebagai cawagub, tengah berkunjung ke pesantren milik Umar Hasibuan.
Ustaz Umar Hasibuan melalui akun Twitternya, @Umar_Hasibuan_, mengklarifikasi foto tersebut. Menurut Umar, foto tersebut diambil saat bergulirnya Pilgub Sumut 2018.


"Saya perlu klarifikasi foto ini. Foto ustad somad dan wagub sumut bang Ijek ini ktk kunjungan ke pesantren saya. Wkt itu kampanye Pilkada Sumut dan Wagub Sumut No 1 kami foto dgn 1 jari," tulis Umar dalam postingannya. 

"Jd foto ini gak ada kaitan dgn Dukung Jokowi. Tolonb jgn fitnah Ustad Somad dan Wagubsu," imbuhnya. 

Sebelumnya foto UAS pose satu jari beredar di media sosial menyusul kunjungan UAS ke sejumlah kiai pada Sabtu (9/2/2019). UAS antara lain mengunjungi Habib Luthfi, Mbah Moen, dan Gus Solah. 

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Arsul Sani, menyebut silaturahmi UAS ke Habib Luthfi bin Yahya hingga KH Maimun Zubair (Mbah Moen), jika dilihat dari sisi politik, ialah demi menghapus asosiasi sebagai pendukung Prabowo Subianto. 

"Dari sisi politis, sebenarnya UAS juga hendak mengirim pesan bahwa sosok dirinya yang diasosiasikan sebagai pendukung Prabowo itu tidak benar sebagaimana meme yang diedar-edarkan di mana gambarnya ada dalam barisan mereka yang dukung paslon 02. Kami meyakini bahwa UAS melihat realitas bahwa mayoritas umat Islam dan ulamanya sesungguhnya lebih memilih kepada Jokowi," sebut Arsul, Minggu (10/2).

Juru bicara Direktorat Advokasi BPN Prabowo-Sandiaga Uno Habiburokhman menepis analisis Arsul Sani tersebut.

"Kalau soal sikap UAS dalam pemilu saya pikir beliau pasti menghormati rekomendasi Ijtimak Ulama dan menghormati Imam Besar Habib Rizieq Syihab," kata Habiburokhman, Minggu (10/2).

Menurut Habiburokhman, pernyataan Arsul soal UAS hanyalah klaim sepihak. Habiburokhman punya analisis lain soal silaturahmi UAS ke Habib Luthfi dan Mbah Moen.






Tulis Komentar