Karena Ronaldo, Popularitas Juventus di Negara Cina Meningkat Tajam

Megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo.

KILASRIAU.com - Kedatangan Cristiano Ronaldo ke Juventus ternyata membuat dampak yang luar biasa. Popularitas Juventus pun melonjak 70 persen di Cina.

Dikutip dari MSN, Ronaldo telah membuat dampak empatik di Cina, di mana negara dengan pertumbuhan ekonomi yang luar biasa dan juga tempat untuk mendapatkan pertumbuhan suporter sepakbola. Pada pekan saat Ronaldo menyelesaikan transfernya ke Juventus, Bianconeri menambahkan 308 ribu pengikut di sosial media, seperti Twitter.

Kemudian pengikut Juventus di Weibo juga mengalami peningkatan sekitar 68 persen antara Juli-Desember lalu.

Para ahli di Cina menyebutkan Ronaldo adalah ikon pasar. Sebab, penggemar sepakbola cenderung mendukung individu ketimbang klub.

Jadi ketika Ronaldo memilih pindah klub, maka ribuan fans di Cina akan melakukan hal yang sama di dunia digital.

"Keberhasilan Ronaldo tidak hanya terkait dengan penampilannya di lapangan dan prestasinya selama bertahun-tahun. Pemain memiliki pengaruh yang kuat pada penggemar di Cina daripada klub," kata Kepala Petugas Pendapatan Juventus, Giorgio Ricci.

Keuntungan Juventus tentu saja membuat kerugian bagi Real Madrid di Cina. Cina sendiri merupakan salah satu pasar terbesar di luar negeri bagi klub-klub Eropa.

Madrid dikabarkan telah mengalami penurunan pengikut di dunia digital sebanyak 8 ribu, setelah hijrahnya Ronaldo. Meski Madrid masih menjadi klub nomor satu di negara Cina.

Ronaldo hijrah ke Juventus dengan nilai transfer lebih dari Rp1 triliun. Sejauh ini, Ronaldo telah bermain 22 pertandingan di Serie A Italia dengan menyumbangkan 22 gol bagi Juventus.






Tulis Komentar