Cara Ini Agar Tak Makan Berlebihan Selama Perayaan Imlek

Foto: Istimewa

KILASRIAU.com - Tak usah takut makan banyak saat perayaan Imlek. Cukup ikuti tips mudah ini, Anda bisa makan sepuasnya tanpa menumpuk banyak kalori dalam tubuh.

Ragam sajian lezat selalu menyemarakkan perayaan Imlek. Tak lengkap rasanya kalau tak mencicip semua makanan saat berkunjung ke rumah-rumah saudara. Untuk itu, ikuti tips mudah ini agar Anda tak kalap saat makan di acara open house Imlek sehingga tubuh jadi tetap sehat dan bugar.

1. Gunakan piring kecil

Jika Anda berkunjung ke beberapa lokasi yang berdekatan saat perayaan Imlek, sebaiknya bakar kalori ekstra dengan berjalan kaki atau bersepeda ke tiap rumah. Anda juga bisa membakar kalori usai perayaan Imlek saat kembali ke aktivitas sehari-hari. Seperti menaiki anak tangga daripada menggunakan lift di kantor atau melakukan kegiatan olahraga kelompok seperti futsal dan lainnya.Jangan hanya fokus pada apa saja yang perlu Anda lahap. Anda juga harus memikirkan minuman apa saja yang tak baik dikonsumsi selama perayaan Imlek. Sebab minuman manis dan berkarbonasi justru hanya menambah ekstra kalori tanpa nutrisi penting bagi tubuh.Nikmatilah camilan yang lezat namun menyehatkan. Contohnya, kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kacang pistachio, almond, kenari, biji bunga matahari hingga biji melon. Semua bahan itu tinggi serat, protein, dan lemak sehat. Selain itu, makan segenggam kacang atau bijian bisa membuat tubuh kenyang lebih lama. Selama open house, Anda dibebaskan melahap ragam sajian yang tersaji. Tapi Anda tidak mungkin berkunjung ke satu rumah saja. Terbayangkan apa yang terjadi pada tubuh jika di tiap rumah, Anda mengambil piring besar dan meletakkan semua sajian dengan porsi yang lumayan banyak?

Yam tubuh akan lebih cepat terisi dan kenyang. Untuk itu, beralihlah pada piring kecil. Anda tetap bisa merasakan kelezatan sajian yang ada. Hanya saja dalam porsi yang minimalis. Berdasarkan keterangan Delboeuf Illusion seperti dilaporkan Asia One (4/2), otak akan berpikir kalau Anda melahap makanan dengan porsi sedikit jika meletakkan ragam sajian di piring ukuran besar. 

2. Pilih camilan


Namun pilihlah kacang yang dipanggang, bukan yang digoreng atau dilapisi gula, madu maupun garam. Pilihan lainnya ialah buah segar. Buah-buahan punya banyak nutrisi. Tapi tetap bisa menyegarkan tenggorokan dan cocok dijadikan camilan.

3. Pilih minuman


Satu paket minuman ringan tersebut mengandung sekitar empat hingga lima sendok teh gula, dengan kata lain mengandung sebesar 80 hingga 100 kalori. Konsumsi gula harian orang dewasa saja tidak boleh lebih dari 11 sendok teh gula per hari. 

Karenanya air putih jadi pilihan terbaik. Air putih bebas kalori namun menghidrasi tubuh. Atau nikmati minuman tanpa pemanis seperti teh hijau atau teh oolong.

4. Berjalan kaki






Tulis Komentar