Belasan Hektar Lahan di Pulau Rupat Bengkalis Terbakar

KILASRIAU.com - Lahan gambut di Desa Kebumen, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau terbakar. Lahan terbakar tersebut diperkirakan terjadi sejak Senin kemarin hingga hari ini.

Petugas gabungan dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), Masyarakat Peduli Api (MPA) dibantu perusahaan PT. Sumatera Riang Lestari (SRL) masih berjibaku melakukan upaya pemadaman di lahan gambut perkebunan sawit, lahan kosong, serta lahan milik warga itu.

Belum diketahui penyebab kebakaran dan asal muasal api. Petugas juga kesulitan untuk menjinakkan api, selain cuaca terik juga dipicu angin kencang semakin memperluas lahan gambut yang terbakar. Kemudian, jarak sumber air dengan lokasi kebakaran cukup jauh sekitar tiga kilometer.

Setidaknya diperkirakan sudah belasan hektar lahan hangus dilalap api.

"Hingga petang ini masih terbakar, sudah sekitar belasan hektar. Petugas di lapangan masih berusaha melakukan pemadaman," ungkap Kepala Dinas Damkar Kabupaten Bengkalis, Djamaluddin melalui Kepala Bidang Pengendalian Operasional, Sarana Prasarana dan Penyelamatan Pemadam Kebakaran, Donni Sartika, S. Psi, M. Si, Rabu (30/1/2019).

Dikatakankan Donni sejumlah peralatan dan perlengkapan serta sarana untuk mengendalikan kebakaran telah dikerahkan. Dirinya berharap api tidak terus meluas.

"Semoga api segera dapat dikendalikan dan kebakaran ini tidak terus meluas. Cuaca panas dan terik ini," katanya lagi.

Ia mengimbau agar warga tidak melakukan pembakaran lahan secara sembarangan termasuk membuang pontong rokok.






Tulis Komentar