Donor Darah Lebih Seratus Kali, Tujuh Warga Riau Terima Penghargaan dari Presiden

KILASRIAU.com - Tahun ini, terjadi peningkatan penerima penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial untuk pendonor darah asal Pekanbaru, Riau.

Pemberian penghargaan ini dilakukan oleh Presiden Joko Widodo besok di Jakarta kepada pendonor yang sudah lebih 100 kali mendonorkan darahnya.

Tujuh diantaranya dari Riau, dengan rincian enam dari Pekanbaru dan satu orang dari Dumai, Seperti yang disampaikan Ketua PMI Pekanbaru, M Noer, melalui Sekretaris UTD PMI Pekanbaru, Yayat Supriyatna, bahwa tren donor darah di Pekanbaru cenderung meningkat. Termasuk juga para pendonor yang sudah lebih dari 100 kali mendonorkan darahnya.
 "Tahun lalu Pekanbaru hanya empat orang, tahun ini ada enam," kata Yayat pada Kamis (24/1/2019).

Yayat mengatakan bahwa pemberian lencana penghargaan tersebut merupakan kegiatan tahunan. Meski jumlah pendonor Pekanbaru masih kalah dari daerah lain, tapi tahun ini jumlahnya terbanyak. 

"Biasanya yang dapat penghargaan hanya dua atau tiga orang, tahun ini enam orang," tambahnya.

Donor dara sendiri, menurut Yayat, merupakan kebiasaan yang sehat dan mulia. Dengan dapat rutin melakukan donor, bisa diketahui mereka adalah orang yang sehat. Selain itu, donor darah juga dapat bernilai ibadah karena membantu orang lain yang butuh pertolongan.

"Untuk itu kita dari PMI terus bersosialisasi mengajak masyarakat rutin donor darah," sebut Yayat.

Daftar nama pendonor yang menerima penghargaan tersebut yakni:

1. Haryanto Widjaya (58), 105 kali
2. Bakarruddin (57), 105 kali
3. Arson Prisnoorhadi (52), 128 kali
4. Sunardi (53), 108 kali
5. Mahmud (51), 110 kali
6. Ruswanto Alm. (50), 112 kali

"Pendonor ini akan berangkat besok. Sementara yang sudah meninggal akan diwakilkan oleh anaknya yang juga seorang pendonor," tutup Yayat. 






Tulis Komentar