Penanganan Semburan Gas di Inhil Riau Sampai Saat Ini Masih Menunggu Tim Ahli

KILASRIAU.com - Semburan gas dari dalam bumi masih terjadi di Dusun Besika Jaya, RT 001 RW 005 Desa Pulau Burung, Kecamatan Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau.

Saat ini, pemerintah kecamatan setempat masih menunggu tim ahli geologi untuk penanganan selanjutnya.

"Semburan gas masih ada. Sekarang tempat penyemburannya ditinggikan untuk menjaga keamanan," ucap Camat Pulau Burung, Yusuf, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (21/12/2018).

Dia mengaku, belum mengetahui seperti apa nantinya penanganan temuan semburan gas tersebut, karena masih menunggu instruksi pimpinannya.

"Kami tak tahu, kami masih menunggu tim ahli. Saya tak berani bicara soal penanganan selanjutnya. Kemarin saya sudah bicara sama Pak Sekda, kata Pak Sekda kita enggak punya tim ahli. Tim ahli cuma ada di provinsi dan pusat," ujar Yusuf.

Pihaknya juga belum memastikan kapan waktu untuk mengundang ahli untuk meneliti semburan gas tersebut.

"Kita diminta Pak Sekda untuk standby dulu dan amankan lokasinya. Karena (semburan gas) ini ada juga yang sifatnya satu minggu, karena ada zat metana nama kandungannya katanya. Tapi, sebelum diteliti, kita belum tahu kan. Jadi, kita tunggu tim ahli turun dulu," kata Yusuf.

Dia menambahkan, semburan gas ini terdapat di areal tanah gambut, yang kemungkinan gasnya mengandung metana.

"Itu baru kemungkinan-kemungkinan. Harus diteliti dulu. Kemudian apakah memang ada cadangan gas atau kandungan hal-hal lain. Jadi, kesimpulannya kita masih menunggu petunjuk pimpinan," ujar Yusuf.

Untuk menjaga keamanan, kata dia, pihak kepolisian dan TNI sudah memasang garis polisi dan pagar kayu di sekitar lokasi agar warga tidak mendekat.

"Kita minta warga untuk tidak mendekat, karena aroma gas seperti kita ketahui bisa membahayakan. Tapi, yang ini saya tidak berani mengatakan bahaya atau tidak, karena belum diteliti," tutup Yusuf.

Diberitakan sebelumnya, semburan gas secara tidak sengaja ditemukan warga yang sedang membuat sumur bor di Dusun Besika Jaya RT 01 RW 05 Desa Pulau Burung, Kecamatan Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, Rabu (19/12/2018) malam.

Semburan gas muncul saat pekerja sumur bor melakukan pengeboran tanah di depan rumah warga bernama Rauzi (50).

Hal ini sontak membuat warga heboh dengan adanya semburan gas yang bisa memunculkan api apabila dipantik dengan korek api.

Menjelang sore, kedalaman pengeboran sumur sudah sekitar 34 meter dan menyemburkan air. Kemudian pekerja berisitirahat.

Kemudian setelah salat magrib, air masih menyembur tapi tercium aroma gas.

Salah satu pekerja memantik korek api ke semburan gas hingga api menyala.






Tulis Komentar