Cuaca tak Menentu, KSOP Bengkalis Imbau Nakhoda Kapal Hati-hati

KILASRIAU.com - Kesyabandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Bengkalis, Riau mulai mengeluarkan imbauan tertulis kepada nakhodanya kapal dan perusahaan pelayaran yang berlayar di perairan Bengkalis.

Hal ini disebabkan kondisi perairan Bengkalis sejak beberapa hari terakhir dalam keadaan tidak menentu. Cuaca dan ketinggian gelombang cenderung berubah rubah setiap waktu. 

Menurut Kepala KSOP Bengkalis Julhari melalui Kepala Tata Usaha KSOP Bengkalis Syafrizal, kondisi perairan Bengkalis sampai saat ini memang masih bisa dilayari Kapal. Namun cuaca dan angin cenderung berubah-ubah setiap saatnya. 

"Untuk itu sejak beberapa hari lalu kita sudah keluarkan imbauan kepada nakhoda dan perusahaan pelayaran. Dimana kita minta mereka berhati-hati terutama kapal pengangkut penumpang," ungkap Syafrizal, Ahad (6/1/2019).

Menurut dia, imbauan tertulis ini sudah disampaikan ke seluruh kapal, baik kapal penumpang, domestik maupun kapal penumpang luar negeri. Pihaknya meminta para nakhoda untuk tidak memaksakan diri berlayar jika menemukan kondisi gelombang tinggi dan angin kencang. 

"Karena kondisi cuaca yang tidak menentu ini, kita sampaikan ke nakhoda untuk tidak memaksakan diri berlayar jika kondisi gelombang tinggi. Kalau bisa berlabuh atau kembali ke pelabuhan asal tunggu kondisi perairan membaik baru melanjutkan perjalanan,"ingatnya.

Syafrizal menjelaskan, sejauh ini sepanjang tahun 2019 pada tanggal 3 Januari kemarin sempat terjadi kondisi cuaca ekstrim di perairan Selat Malaka. Dimana akibat cuaca yang tidak baik ini beberapa kapal penumpang dari Malaysia terpaksa kembali ke pelabuhan Malaka karena tidak bisa menyeberangi Selat Melaka. 

"Tanggal 3 Januari kemarin kapal Mulia Kencana dari Malaka menuju Bengkalis memang sempat putar arah kembali ke pelabuhan. Karena gelombang tinggi di perairan Malaka sehingga ketibaan di Bengkalis terganggu," pungkasnya.

Namun untuk hari ini, dari data BMKG Pekanbaru, untuk wilayah perairan Bengkalis maupun Malaka masih baik dan bisa dilalui. Namun pihak KSOP meminta seluruh Nakhoda yang melintasi Bengkalis agar senantiasa berhati-hati bisa saja sewaktu waktu cuaca berubah-ubah. 

"Hari ini angin di perairan Bengkalis tidak begitu kuat dan masih bisa layari. Kita tetap meminta nakhoda untuk waspada dan berhati-hati,"tutupnya.






Tulis Komentar