Waspada Para Pekerja Sif Malam! Ini 4 Masalah Kesehatan yang Bisa Mengintai Anda

 

KILASRIAU.com – Menjaga kesehatan tidak hanya dari makanan yang dikonsumsi atau rutin olahraga, namun jadwal kerja yang dimiliki seseorang juga berpengaruh terhadap kesehatannya.

Hal itu terjadi bukan hanya menyangkut durasi jam kerja tapi juga waktu mereka melakukan pekerjaan tersebut.Jam kerja yang tidak umum, seperti jam kantor pada umumnya dapat menyebabkan masalah lebih lanjut. Hal itu terjadi pada jam kerja malam hari atau yang tidak sesuai dengan jam kantor.

Berdasarkan beberapa penelitian, diketahui ada bermacam masalah yang mungkin terjadi pada orang-orang dengan jam kerja tidak biasa tersebut.

Nah, berikut ini empat potensi masalah kesehatan yang mungkin terjadi ketika bekerja di malam hari:Kekurangan TidurMasalah kurang tidur merupakan salah satu hal yang pasti dialami oleh mereka yang bekerja di malam hari.

Sebuah penelitian oleh University of Iowa pada tahun 2012 mengetahui bahwa polisi yang bekerja pada sif malam hari 14 kali lebih rentan tidak mendapat cukup tidur dibanding yang bekerja pada sif siang.

Dari data tersebut, sebanyak 44 persen polisi yang bekerja pada sif siang memiliki kualitas tidur yang buruk. Sedangkan pada mereka yang bekerja sif siang, jumlah ini meningkat menjadi 60 persen dan meningkat lagi menjadi 69 persen pada polisi yang bekerja sif malam.

Memburuknya Kesehatan MentalTelah diketahui bahwa kualitas tidur yang buruk berhubungan dengan kelelahan dan masalah mood. Risiko ini bisa muncul walaupun pekerja yang melakukan jadwal sif malam sudah beristirahat secara cukup di pagi harinya. Hal ini terjadi karena isolasi sosial yang dialami.

“Saya bekerja malam hari di rumah sakit dan memahami isolasi sosial yang menyertainya,” tulis James Hamblin, M.D.Hal ini disebabkan karena ketika mendapat ajakan untuk bertemu dengan teman pada siang harinya namun Anda membutuhkan tidur.

Namun, jika Anda menuruti ajakan untuk bertemu tersebut maka Anda juga dapat kehilangan waktu tidur Anda.

Diabetes Tipe 2 Berubahnya siklus tidur yang dialami juga berujung pada waktu makan serta perubahan pada tingkat stres. Hal ini dapat berujung pada tingkat gula darah.

Sebuah studi observasi di China menyebut, bahwa pekerja sif malam memiliki risiko sembilan persen lebih tinggi dibanding rekan kerja mereka.

Risiko ini juga bakal meningkat ketika terjadi pada pria.KankerPada tahun 2007, pekerjaan sif malam diklasifikasikan sebagai salah satu penyebab karsinogen.

Hal ini membuat pekerja memiliki risiko lebih tinggi dalam berkembangnya kanker dibanding rekan-rekan mereka.Meningkatnya risiko kanker ini disebut karena paparan cahaya yang mereka terima.

Secara khusus, cahaya yang berasal dari perangkat elektronik terutama di malam hari merupakan penyebab dari munculnya kanker ini.

Itulah empat masalah kesehatan yang mungkin mengintai kesehatan Anda jika terlalu lama bekerja pada sif malam.

Untuk menghindari berbagai hal tersebut, ubah jam kerja atau paling tidak lakukan perubahan dari jam siang ke malam secara bergantian untuk menghindari terjadinya hal tersebut.






Tulis Komentar