Belum Bisa di Evakuasi Harimau Terjebak Dipemukiman Warga Inhil diberi Ayam

Warga melihat proses evakuasi harimau

INHIL ,KILASRIAU.com - Sudah dua hari harimau sumatra terjebak di kolong ruko di Pasar Pulau Burung, Indragiri Hilir (Inhil), Riau. Harimau diberi makan daging ayam.

"Harimau tersebut belum bisa kita evakuasi dari kolong ruko. Agar tidak kelaparan dan tetap tenang, kita berikan makan daging ayam mentah," kata Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono kepada awak media, Jumat (16/11/2018).

Pemberian makan disebut bukan hal yang mudah. Sebab, petugas harus mencari lokasi harimau bersembunyi di kolong ruko. 

"Kolong ruko itu tingginya hanya 70 cm saja dan gelap serta banyak tiang penyangga. Jadi sulit mencari keberadaannya," kata Haryono.

Setelah lokasi harimau diketahui, tim mengebor lantai ruko dengan diameter sebesar pipa paralon.

"Setelah lantai kita lubangi, dari atas kita masukan daging ayam itu tepat di depan harimau yang lagi duduk. Lumayan bagus respons harimaunya, dia mau menyantap daging yang kita berikan," kata Haryono.

Harimau ini sebelumnya ditembak bius tim medis BBKSDA Riau. Hanya saja karena kondisi kolong yang gelap dan sulit mencarinya, harimau sulit dievakuasi.

"Bius pertama gagal kita mengevakuasinya dari kolong. Tapi kemarin tidak jadi dua kali kita tembak bius, karena kondisinya tidak memungkinkan, dan kasian kalau sampai berkali-kali dibius dalam sehari. Hari ini kita lagi mencari pola yang tepat untuk bisa mengevakuasinya dari kolong ruko," kata Haryono.

 






Tulis Komentar