Titik Api Tidak Lagi Terpantau, Posko Karhutla Riau Ditutup

Edwar Sanger

PEKANBARU, KILASRIAU.com - Selama beberapa pekan ini, BMKG Riau tidak lagi memantau adanya titik api di wilayah Riau. Untuk itu, Satgas Karhutla Riau pun menyatakan akan menutup Posko Karhutla yang berada di Lanud Roesmin Nurjadin.

Disampaikan Wadan Satgas Karhutla yang juga Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger, bahwa penutupan posko ini dilakukan pada hari ini. Pada penutupan posko ini juga dilakukan rapat evaluasi terakhir terkait karhutla tersebut.

"Kegiatan di posko karhutla saat ini juga kita hentikan. Namun status siaga masih tetap berlanjut," kata Edwar pada Selasa (30/10/2018).

Status siaga darurat karhutla ini akan berakhir sesuai jadwal yakni pada akhir November. Edwar juga mengatakan bahwa tidak ada pemanjangam status siaga karhutla pada tahun ini. 

"Hal ini berkaitan juga dengan musim penghujan yang terjadi di Riau. Jadi posko tersebut kita tutup dan statusnya nanti tidak akan kita perpanjang," sebutnya.

Sementara di BPBD Riau sendiri, penanggulangan bencana justru lebih terfokus pada banjir yang kerap terjadi. Dengan berkoordinasi bersama BPBD di kabupaten/kota, BPBD Riau mengkonstrasikan fokusnya untuk penanggulangan banjir, khusunya di daerah aliran sungai.

"Kita imbau BPBD di daerah-daerah untuk tanggap dengan kondisi banjir di musim penghujan ini," tutup Edwar. 






Tulis Komentar