Tak Ada Satu Pun Kepala Daerah yang Penuhi Panggilan Bawaslu Riau

ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan

PEKANBARU, KILASRIAU.com - Lima kepala daerah di Riau mangkir dari panggilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau pada hari ini, Rabu (17/10/2018). Sedianya, kelima bupati dan walikota tersebut akan dimintai keterangannya terkait deklarasi dukungan kepada Capres Jokowi.

Kelima kepala daerah yang dipanggil Bawaslu pada sesi pertama hari ini adalah Bupati Siak yang juga gubernur Riau terpilih Syamsuar, Bupati Pelalawan HM Harris, Bupati Kampar Azis Zaenal, Walikota Pekanbaru Firdaus, dan Bupati Rokan Hulu Sukiman.

"Hingga sore ini kita menunggu, jika ada kepala daerah yang mengkonfirmasi akan datang, namun tidak ada," kata ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan, Rabu (17/10/2018) sore.

Rusidi menjelaskan, beberapa kepala daerah memang sudah dipastikan tidak hadir. Ada yang mengkonfirmasi langsung ke Bawaslu Riau, dan sebagian tidak mengkonfirmasi.

"Bupati Pelalawan  mengkonfirmasi ke Bawaslu ia tidak bisa hadir karena ia menghadiri kegiatan di Bali. Selain itu, Bupati Rokan Hulu, juga tidak bisa hadir, karena ada rapat paripurna di daerah setempat, yang mesti ia hadiri, dan meminta dijadwalkan ulang," cakap Rusidi lagi.

Sementara, tiga kepala daerah lainnya tidak ada mengkonfirmasi. Pihak Bawaslu hanya mendapatkan informasi dari Bawaslu Siak, bahwa Bupati Siak, Syamsuar berangkat umroh.

"Untuk Bupati Rokan Hulu, kita jadwalkan ulang pemanggilan tersebut pada Jumat (19/10) lusa. Kalau yang Pelalawan minggu depan. Kalau kepala daerah Kampar dan Pekanbaru tidak ada informasi, untuk itu kita akan jadwalkan pemanggilan kedua," kata Rusidi.

Selanjutnya, Rusidi menjelaskan, sisa 6 orang kepala daerah lainnya yakni, Bupati Bengkalis, Walikota Dumai, Bupati Kuantan Singingi, Bupati Indragiri Hilir, Bupati Rokan Hilir, dan Bupati Kepulauan Meranti, dijadwalkan dimintai keterangannya pada hari Kamis besok.






Tulis Komentar