Meskipun Pandemi, KJF-IKM Fakultas Kedokteran Unri Laksanakan Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut

Meskipun Pandemi, KJF-IKM Fakultas Kedokteran Unri Laksanakan Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut

KILASRIAU.com  - Tidak menyurutkan semangat dosen Ilmu Kesehatan Masyarakat (KJF-IKM) Fakultas Kedokteran Universitas Riau tetap melaksanakan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut secara daring kepada siswi MTs Penyasawan Kabupaten Kampar meskipun masih dalam suasana pandemi Covid 19, Jum'at (16/10).

Pelaksanaan kegiatan penyuluhan dilaksanakan di MTs Penyasawan Kabupaten Kampar dengan cara menyampaikan materi dan video animasi tentang kesehatan gigi dan mulut secara online menggunakan aplikasi Zoom cloud meeting pada Sabtu, 19 September 2020 yang lalu.

Drg Yusdiana, M.Si yang sekaligus merupakan ketua tim kegiatan pengabdian mengatakan bahwa kegiatan penyuluhan ini merupakan merupakan salah satu bentuk implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa pengabdian kepada masyarakat yang menjadi kewajiban pokok dosen selain melaksanakan Pengajaran dan Penelitian. Anggota tim penelitian terdiri dari Drg. Tuti Restuastuti, M.Kes dan mahasiswa Fakultas Kedokteran Unri.

"Kegiatan ini semula direncanakan dilaksanakan secara langsung, namun berhubung keluarnya kebijakan social distancing dan penerapan protokol kesehatan oleh pemerintah dalam rangka menekan peningkatan kasus Covid-19 di Provinsi Riau yang cukup signifikan, sehingga kegiatan ini tidak dimungkinkan untuk dilaksanakan secara langsung bertatap muka dengan siswi-siswi di sekolah," terangnya.

Lebih lanjut, Yusdiana menuturkan bahwa hasil diskusi yang dilakukan bersama kepala sekolah dan dewan guru MTs Penyasawan, menghasilkan kesepakatan pelaksanaan kegiatan ini dengan kombinasi offline dan online. Secara offline dengan cara membagikan lembar persetujuan orang tua/wali, kuisioner dan leaflet yang dititipkan ke guru wali kelas untuk selanjutnya diserahkan kepada para siswi dan orang tua/wali. 
"Sebelum kita melaksanakan kegiatan ini, pihak sekolah yang diwakili oleh ustadz Al As'ari, S.Pi membuka kegiatan ini dengan memberikan motivasi kepada para siswi agar bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini dan berharap kegiatan-kegiatan yang sangat bermanfaat seperti ini dapat kembali dilaksanakan di masa yang akan datang" jelasnya.