Zulaikha Apresiasi dan Bangga kepada Kelompok Yasinan Desa Sungai Luar

Zulaikha Apresiasi dan Bangga kepada Kelompok Yasinan Desa Sungai Luar
Doc. Porkopim Inhil

KILASRIAU.com - Ketua PC Muslimat NU Inhil, H Zulaikhah Wardan S Sos ME menghadiri Isra' Mi'raj di Masjid Al-Mujahidin Desa Sungai Luar Kecamatan Batang Tuaka, Kamis (5/3/2020). Kegiatan ini digagas oleh kelompok-kelompok yasinan yang ada di Desa Sungai Luar.

Didampingi Pengurus PC Mulslimat NU Inhil, Zulaikhah Wardan memberi apresiasi kepada kelompok yasinan Desa Sungai Luar yang kompak melaksanakan acara ini.

Isra' Mi'raj tersebut disejalankan dengan kegiatan khatam Al-Qur'an dan lomba tabak yang diikuti oleh kelompok-kelompok yasinan yang ada di Desa Sungai Luar.

Terkait lomba tabak tersebut, wanita yang akrab disapa Ikha ini mengungkapkan rasa bangganya terhadap kelompok yasinan Desa Sungai Luar, karena Desa Sungai Luar dapat menjadi pelopor lomba tabak di Inhil.

"Kelompok yasinan di Desa Sungai Luar ini aktif sekali. Tugas kita adalah membantu pemerintah melalui Muslimat NU sebagai organisasi keagamaan. Kita harus bersinergi dengan pemerintah melakukan kegiatan keagamaan. Ini sudah luar biasa. Tabaknya bagus-bagus sekali. Mengangkat budaya seperti lomba tabak ini untuk melestarikan budaya kita. Ini sejalan dengan program pemerintah. Saya harap desa-desa lain dapat mencontoh Desa Sungai Luar ini," papar Ibunda Kabupaten Inhil ini.

Selain itu, Zulaikhah mengajak agar para jamaah yang hadir untuk selalu memperbaiki ibadah, terutama solat. Karena peristiwa Isra' Mi'raj mengingatkan Umat Muslim tentang perintah solat.

Mengenai isu aktual terkini, yaitu tentang penyakit yang disebabkan oleh virus corona. Terkait hal tersebut, Zulaikhah menginformasikan salah satu cara mencegah terjangkit dari virus corona.

"Ibu-ibu jangan panik, virus corona ini sedunia kena. Tapi Insya Allah kalau kita menjaga kebersihan, kita selamat dari virus corona ini. Kalau kita cuci tangan dengan benar sebelum makan atau setelah beraktivitas dan memegang benda-benda apapun, insya Allah kita tidak kena, karena virus ini akan mati kena air," pesannya.

Atas nama Pemcam Batang Tuaka, Marpoyanto mengucapkan selamat datang kepada Ketua Muslimat NU Inhil beserta rombongan. Dirinya mengaku berkomitmen untuk terus menggelar lomba tabak setiap tahunnya karena ada piala bergilir.

"Terimakasih Ibu Ketua PC Muslimat NU sudah hadir di sini. Khatam Al-Qur'an dan lomba tabak ini merupakan yang kedua kalinya. Kegiatan ini akan dilaksanakan setiap tahun karena ada piala bergilir," pungkasnya.

Di tahun kedua ini, piala bergilir tersebut berhasil diboyong oleh peserta nomor urut 1 atas nama Kelompok Yasinan Nurul Jannah.

Turut hadir dalam kesempatan itu Camat Batang Tuaka H Marpoyanto, Hj Amiratussaliha selaku penceramah, Ketua PAC Muslimat NU Kecamatan Batang Tuaka, Kepala Desa Sungai Luar, Ketua dan Pengurus Pimpinan Ranting Muslimat NU se-Kecamatan Batang Tuaka, serta masyarakat setempat.