Kesbangpol Inhil Jalin Silaturahmi ke Kodim 0314 Inhil

Kesbangpol Inhil Jalin Silaturahmi ke Kodim 0314 Inhil

KILASRIAU.com - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil)  menjalin silaturahmi ke Kodim 0314 Inhil, Rabu (04/12/2019)

Dalam silaturahmi tersebut ada beberapa hal yang di bahas salah satunya mengenai pada tanggal 19 Desember 2019 yaitu memperingati Hari Bela Negara. Dan pelaksanaan tersebut nantinya akan di selenggarakan di lapangan Gajah Mada dan melibatkan seluruh personil TNI Inhil.

Kepala Dinas Kesbangpol H. Aslimuddin yang didampingi oleh seketaris Kesbangpol Marlis Syarif mengucapkan terima kasih atas sambutan dan jamuannya Dandim 0314 Inhil Letkol Inf Imir Faisahal beserta para staf karyawan.

"Silaturahmi ini ialah untuk memita petunjuk bahwasanya di bulan Desember ini ada namanya hari bela negara. Dan hari bela negara ini kita ingin agar supaya masyarakat tahu bahwasanya kita ini adalah kompak bersatu baik sesama aparat pemerintah maupun bersama dengan masyarakat," ucap Aslimuddin.

Menurut Aslimuddin, yang lebih paham berkaitan dengan bela negara adalah satuan TNI, maka dari itu, kita minta petunjuk kepada Dandim 0314 Inhil Letkol Inf Imir Faisahal apa kira-kira yang ingin kita laksanakan dan di tampilkan pada saat hari bela negara nantinya.

"Alhamdulillah, setelah melakukan diskusi panjang apa kira-kira yang ingin kita laksanakan, dan disamping itu juga kita ini sudah mendapat persetujuan dari bapak Bupati Inhil," kata Aslimuddin.

Aslimuddin menjelaskan bahwa sejak dari dulu melakukan kerjasama baik dari Kesbangpol maupun TNI. Dan itu adalah merupakan perpanjangan tangan dari pada Bupati untuk memfasilitasi apa-apa yang bisa dibantu oleh Pemda terhadap instansi-instansi vertikal.

"Oleh karena itu, bagaimanapun Pemda ini sangat banyak bergantung kepada mereka seperti misalnya masalah pemadaman kebakaran, kemudian karena adanya daur hara. Seandainya ada musibah-musibah bencana. karena mereka yang siapa itu TNI-Polri ataupun istilahnya," jelasnya.

Aslimuddin berharap mudah-mudahan apa-apa yang perlu kita kerjakan secara bersama ini akan dapat terlaksana dengan baik dan lancar

Selanjutnya, Dandim 0314 Inhil Letkol Inf Imir Faisahal mengatakan kami menyambut baik kedatangan dari kakesbangpol beserta staf dalam silaturahmi ini. tentunya silaturahmi ini salah satu implementasi dari sinergitas kita di lapangan sehingga apapun yang kita lakukan  bisa bersepakat di meja bersatu di lapangan.

"Hari bela negara yang akan kita selenggarakan selama ini salah satu hal yang sangat penting, krusial yang harus dilakukan dan kita selaku warga negara. karena, hal ini sudah tertuang di dalam undang-undang. baik di dalam undang-undang dasar 1945 maupun didalam turunannya undang-undang nomor 3 tentang pertahanan negara," kata Dandim Inhil.

Dandim 0314 Inhil menututurkan bahwa hal ini akan kita gelorakan kembali dan akan kita bangkitkan kembali khususnya di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), diharapkan seluruh masyarakat bisa tahu dan lebih meningkatkan kecintaan dan rasa memiliki terhadap bangsa dan negara ini.

"Untuk langkah pertama, kita akan melakukan upacara, kemudian kita sertai dengan semacam deklarasi. selanjutnya dalam jangka panjang kami akan terus melakukan sosialisasi penyuluhan-penyuluhan bela negara ke seluruh lapisan masyarakat, sehingga dengan adanya rasa bela negara ini. Dan akhirnya adalah bagaimana memajukan bangsa Indonesia Ini kearah yang lebih baik untuk diri sendiri," tutur Dandim.

Dandim Inhil mengukapkan bahwa saat ini Kondisi di Kabupaten Inhil berada dalam keadaan kondusif dan saya berharap ini terus terjaga. Dan ini semua bisa terwujud apabila kita bersama-sama saling bersinergi.

"Alhamdulillah, sekarang di Kabupaten Inhil berada dalam keadaan kondusif, dan saya mengharapkan kepada seluruh masyarakat kondisi kita sini terus terjaga. Karena tidak mungkin instansi ini bergerak sendiri-sendiri, seperti TNI-Polri, Kesbangpol dan Pemerintah lainnya yang bergerak sendiri.  tetapi konduktivitas ini bisa terwujud karena adanya kerjasama dari semua pihak stakeholder terkait maupun seluruh elemen masyarakat," tutupnya.