Puskesmas Kotabaru Laksanakan Penyuluhan GEMA CERMAT

Puskesmas Kotabaru Laksanakan Penyuluhan GEMA CERMAT
Dinkes Inhil

KILASARIAU.com - Mengingat masih banyaknya masyarakat yang belum mengetahui informasi mengenai Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GEMA CERMAT), Puskesmas Kotabaru berinisiatif melakukan penyuluhan GEMA CERMAT agar tidak ada lagi masyarakat yang tidak mengetahui bagaimana cara menggunakan obat yang baik dan benar pada Kelompok Yasinan Nurul Ihsan Desa Kotabaru Seberida Kecamatan Keritang, jumat, (06/09/2019).

Dalam penyuluhan, Apoteker Puskesmas Kotabaru  Fadhilah Firdaus, S.Farm.,Apt menjelaskan ketika kita mendapatkan obat, sebelum meminum obat, ada baiknya kita memperhatikan "5 O" terlebih dahulu. 

Obat ini apa nama dan kandungannya ?, Obat ini apa khasiatnya?, Obat ini berapa dosisnya ?, Obat ini bagaimana cara menggunakannya, dan Obat ini apa efek sampingya?. 

"Selain itu di dalam mengelola obat yang benar ada baiknya dengan menerapkan  dapatkan obat dengan benar, gunakan obat dengan benar, simpan obat dengan benar, dan buang obat dengan benar," imbuhnya Apoteker Puskesmas Kotabaru  Fadhilah Firdaus. 

Selain itu, Winta salah satu dari ibu-ibu pengajian mengatakan, dengan adanya penyuluhan gema cermat ini sangat baik dan sangat banyak manfaatnya untuk kami , karena menambah wawasan kami tentang cara penggunaan obat yang baik dan benar. 

"Semoga dengan adanya penyuluhan ini, kami yang telah mengikuti penyuluhan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan dapat meneruskan kepada keluarga dan masyarakat sekitarnya," ujar Winta. 

https://dinkes.inhilkab.go.id/