Wao! 289 Titik Panas di Riau

Wao! 289 Titik Panas di Riau
Ilustrasi

KILASARIAU.com - Titik panas di provinsi Riau semakin marak. Hari ini jumlahnya mencapai 289 titik. Angka ini naik drastis dibandingkan hari sebelumnya.

Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Marzuki, mengatakan sore sebelumnya ada 125 titik panas di Riau.

"Titik panas naik drastis. Hari ini 289 titi yang tersebar di 9 wilayah. Dan yang paling banyak itu berada di Kabupaten Indragiri Hilir," ujar Marzuki.

Ia merincikan titik panas tersebar di Kepulauan Meranti 2 titik, Bengkalis 4 titik, Kampar 2 titik, Dumai dan Kuansing masing-masing 1 titik. Sementara di Pelalawan 57 titik, Rokan Hilir 1 titik, Indragiri Hilir 185 titik dan Indragiri Hulu 31 titik.

"Dari jumlah tersebut, 182 titik diantaranya dipastikan adalah titik api. Yakni ada aktivitas kebakaran hutan dan lahan. Karena 182 titik tersebut memiliki level confidence di atas 70 persen," cakapnya.

Dirincikan Marzuki lagi, adapun 182 titik itu berada di Bengkalis 2 titik, Pelalawan 38 titik, Rokan Hilir 1 titik, Indragiri Hilir 117 titik, Indragiri Hulu 17 titik dan Dumai 1 titik.

"Kita terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," pungkasnya.