Massa Aksi Papua Singgah di LBH Jakarta

Massa Aksi Papua Singgah di LBH Jakarta
Massa aksi Papua di depan Istana, Jakarta Pusat.

KILASARIAU.com - Massa aksi demonstrasi asal Papua yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Antirasisme, Kapitalisme, Kolonialisme, dan Militerisme sudah membubarkan diri. Dari depan Istana Negara, mereka beranjak ke kantor LBH Jakarta di kawasan Menteng, Jakarta Pusat untuk makan malam.

Rombongan massa aksi ini mendapat pengawalan dari kepolisian, Polres Metro Jakarta Pusat menerjunkan 50 personel untuk mengawal mereka sampai ke kantor LBH Jakarta.

Ratusan peserta aksi ini memang sudah merencanakan untuk mampir ke kantor LBH Jakarta untuk makan malam bersama sebelum pulang ke tempat tinggal masing-masing.

"(Pengawalan) sampai ke LBH Jakarta ada lima puluh orang," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan saat ditemui di lokasi aksi, Kamis (22/8).

"Masih kita tunggu karena informasinya baru hari ini saja. Kalau besok ada, kita kawal juga," lanjut Harry.Selain menerjunkan aparat keamanan, Polres Jakpus juga memfasilitasi massa aksi dengan angkutan umum dari Taman Aspirasi ke LBH Jakarta.

"Kita berikan mereka enam bus, motor ada sekitar lima puluhan motor," ujarnya.

Harry menuturkan belum ada pemberitahuan resmi bahwa aksi bakal berlanjut ke esok hari.


Sebelumnya, Aliansi Mahasiswa Antirasisme, Kapitalisme, Kolonialisme, dan Militerisme menggelar aksi di Istana Kepresidenan Jakarta. Mereka menuntut referendum untuk Papua menentukan nasib sendiri
.