JCH Asal Bengkalis Bertolak ke Kota Suci Mekkah Al Mukaromah

JCH Asal Bengkalis Bertolak ke Kota Suci Mekkah Al Mukaromah

KILASRISRIAU.com - Setelah selama 9 hari berada di Kota Madinah atau setelah merampungkan mengerjakan ibadah arba'in yakni shalat wajib lima waktu berjamaah sebanyak 40 waktu, Selasa pagi waktu Arab Saudi (23/7/2019), Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Bengkalis bertolak ke kota suci Mekkah Al Mukaromah.

Ketua Kloter 10 Embarkasi Batam, Ibrahim, Selasa (23/7/2019) menerangkan, saat berangkat ke tanah suci Mekkah, JCH diangkut menggunakan armada 10 bus.

Selama dalam perjalanan, seluruh JCH sudah menggunakan pakaian ihram lengkap. Selanjutnya, JCH akan mengambil niat di miqat, di Bier Ali.

Selama mengenakan ihram masa telah berlaku larangan-larangan, seperti jima' atau berhubungan intim, menggunting rambut, memotong kuku, membunuh hewan dan lainnya. Apabila dilangar maka akan dikenai denda alias dam.

"Perjalanan kita diperkirakan memakan waktu lebih kurang 8 jam. Dan selama perjalanan seluruh JCH melantunkan talbiah," ucap Ibrahim melalui pesan whatshapp.

Setibanya di Mekkah, setelah menyelesaikan urusan kamar di pemondokan, JCH langsung mengerjakan tawaf, sa'i dan tahalul. Setelah tahalul jamaah sudah bisa melepaskan pakaian ihram.

"Kami di sini memoohon doa dari keluarga dan masyarakat Bengkalis. Terlebih perjalanan dari Madinah menuju Mekkah lumayan lama. Selain itu JCH harus mengerjakan umroh wajib (tawaf dan sa'i), sehingga membutuhkan tenaga ekstra," tutupnya.