Portugal Juara, di UEFA Nations League

Portugal Juara, di UEFA Nations League
Timnas Portugal merayakan gol Goncalo Guedes yang menjadi penentu kemenangan 1-0 atas Belanda di final UEFA Nations League. (Foto: Dean Mouhtaropoulos/Getty Images)

KILASRIAU.com - Timnas Portugal menjadi juara ajang UEFA Nations League 2019. Selecao das Quinas mengangkat trofi setelah menaklukkan Belanda dengan skor akhir 1-0.

Dalam pertandingan di Estadio Do Dragao, Porto, Senin (10/6/2019) dinihari WIB, Portugal lebih banyak melepaskan ancaman dibandingkan Belanda. Pada babak pertama ada sebanyak 12 percobaan.

Ada sebanyak 5 tembakan yang melenceng, empat tembakan lainnya mencapai sasaran, sementara tiga sisanya gagal mencapai gawang Belanda karena diblok.

Percobaan pertama yang sampai ke tangan Jasper Cillessen dilepaskan oleh Bruno Fernandes pada menit ke-12. Jose Fonte menyusul kemudian dengan sundulan pada menit ke-28.

Usaha Fernandes dua menit berselang juga belum juga membuahkan gol. Percobaan jarak jauh Cristiano Ronaldo pada menit ke-41 juga belum membuahkan hasil.

Usaha Portugal untuk menjebol gawang Belanda baru membuahkan hasil pada menit ke-60. Goncalo Guedes yang mencatakan namanya di papan skor.

Bernardo Silva melakukan umpan tarik dari sisi kanan kotak penalti Belanda, Guedes bisa melepaskan tendangan dari tepi muka kotak penalti yang gagal dihalau oleh Cillessen.

Belanda mencoba mengejar ketertinggalan. Pada menit ke-65, Memphis Depay menyundul umpan silang Donny van de Beek. Arahnya sudah pas, tapi belum membuahkan hasil.

Portugal membahayakan gawang belanda lagi pada menit ke-80. Bruno Fernandes melakukan tendangan jarak jauh kaki kanan, masih aman di tangan Cillessen.

Hingga 10 menit sisa pertandingan tak ada lagi gol tambahan kendati ada beberapa peluang yang diciptakan Portugal atau Belanda. Portugal mengunci gelar juara UEFA Nations League dengan skor akhir 1-0. 

Susunan Pemain

Portugal: Patricio; Semedo, Fonte, Rúben Dias, Guerreiro; Danilo, William Carvalho (Neves 90), Bruno Fernandes (Moutinho 81); Bernardo Silva, Ronaldo, Guede (Rafa 75)

Belanda: Cillessen; Dumfries, Van Dijk, De Ligt, Blind; Wijnaldum, De Jong, De Roon (Luuk de Jong 81); Bergwijn (van De Beek 60), Depay, Babel (Promes 46)