Melukai Beberapa Warga, Ular Piton Bermunculan di Gunung Kidul

Melukai Beberapa Warga, Ular Piton Bermunculan di Gunung Kidul

KILASRIAU.com – Sejumlah ular berukuran cukup besar diduga jenis piton keluar dari sarang dan masuk ke permukiman warga di . Ular berjenis piton tersebut di antaranya melukai dua orang, salah satunya mengalami luka serius dan dalam perawatan di RSUD Wonosari.

Hingga saat ini sudah tercatat tiga ular piton liar diamankan warga. Penangkapan ular tersebut terakhir terjadi di Desa Getas, Kecamatan Playen. "Kini ular hasil tangkapan warga diamankan dalam kondisi hidup," kata Marsaid, warga Desa Sidorejo, Ponjong, Gunungkidul, seperti dikutip dari , Rabu (16/1/2018).

Peristiwa pertama terjadi pada Minggu 13 Januari 2019 dini hari. Seekor ular jenis piton berukuran panjang sekira 3 meter ditangkap di Desa Sidorejo. Hewan liar itu terlihat warga saat sedang menyeberang jalan di perbatasan Dusun Bolodukuh dengan Gunungkrambil.

Warga yang melihat ular tersebut langsung melakukan perburuan. Tidak lama kemudian ular itu berhasil ditangkap. "Panjang ular piton ini sekitar 3,8 meter. Sebelum berhasil ditangkap, meresahkan warga, karena memangsa ayam milik warga," imbuhnya.

Sehari sebelumnya, seekor ular dengan besar hampir sama juga ditangkap di kawasan desa tersebut dan sempat melukai dua orang yakni seorang ibu dan anak bernama Sariyem (45) dan Tri Dwiadmojo (20), warga Desa Sidorejo, Ponjong. Kedua korban mengalami luka serius dan menjalani perawatan di RSUD Wonosari, Gunungkidul.

Selain di Desa Sidorejo, Kecamatan Ponjong, penangkapan ular piton berukuran besar juga dilakukan warga di Dusun Gembuk, Getas, Kecamatan Playen, Gunungkidul, pada Senin 14 Januari 2018 dini hari. Ular yang ditangkap warga berukuran panjang sekira 5 meter.

Ular tersebut diketahui meresahkan warga lantaran sempat menyerang sejumlah ternak. Kepala Desa Getas, Kecamatan Playen, Pamuji, mengatakan beberapa hari sebelum ular itu ditangkap ada warga yang melihatnya menyerang hewan ternak.

"Di Desa kami memang sering ada ular piton, dan pada musim seperti ini keluar sarang dan menyerang ayam maupun kambing milik warga," terangnya.