Sekda Meranti Buka Kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Puskemas Alah Air

Sekda Meranti Buka Kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Puskemas Alah Air

MERANTI, KILASRIAU.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis SE MM, membuka secara resmi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang ditaja oleh UPT Puskesmas Alahair bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Meranti, bertempat di Lapangan Luis Futsal Jl. Pelajar Desa Alahair.

Turut hadir dalam giat tersebut Camat Tebing Tinggi Helfandi M.Si, Danramil Tebing Tinggi, Kapolsek Tebing Tinggi, Ketua Tim PKK Kabupaten Hj. Nirwana Sari SE, Kepala UPT Puskesmas Alahair dr. Sista Nurmala, Lurah, Kepala Desa Alahair, Tokoh Masyarakat/Agama dan lainnya.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah H. Yulian Norwis SE MM mewakili Pemerintah Daerah menyambut baik kegiatan tersebut demi meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat di meranti. Untuk itu ia menghibau seluruh lapisan masyarakat untuk membudayakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) melalui melalui Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS).

"akhir-akhir ini banyak masyarakat yang menderita sejumlah penyakit, terutama penyakit tidak menular. faktor makanan serta pola hidup tidak sehat menjadi penyebabnya, sehingga masyarakat harus menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) melalui melalui Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS)," ucap Sekda Meranti.

Menurutnya lagi, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti terus berupaya meningkatkan kesehatan masyarakat, namun tanpa adanya kesadaran dari masyarakat semua itu tidak akan tercapai.

Lebih jauh dikatakan Sekda, menjaga kesehatan masyarakat harus dimulai dari diri sendiri, dengan tidak mengkonsumsi narkoba, minum minuman ber alkohol, selalu makan makanan yang sehat, dengan penerapan pola hidup sehat tersebut Sekda berharap kedepan masyarakat Meranti semakin sehat dan daerah semakin maju.

Tak lupa dapam rangka meningkatkan kesehatan Sekda Meranti H. Yulian Norwis meminta kepada seluruh Jajaran Puskemas Alah Air untuk berpartisipasi aktif membudayakan hidup sehat kepada masyarakat.

"Saya minta kepada pihak Puskemas dan Jajaran untuk berpartisipasi aktif mensosialisasikan prilaku hidup sehat secara masiv hingga kepelosok Desa sehingga kwalitas kesehatan masyarakat Meranti dapat meningkat," ucap Sekda.

Hal senada juga dihimbau kepada Kades dan Camat yang merupakan garda terdepan pelayanan publik yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, untuk mensosialisasikan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang dicanangkan kali ini sehingga kualitas kesehatan masyarakat dapat terwujud sesuai yang diharapkan. 

Sekedar informasi dalam kegiatan itu juga digelar Senam Masal bersama masyarakat dan Pemeran Buah oleh Tim Penggerak PKK Kepulauan Meranti sebagai untuk mensosialisasikan prilaku dan budaya hidup sehat kepada masyarakat.